Batik solo

7 Motif Keunikan Batik Solo yang Memukau Dunia

Posted on

Batik tulis Solo memang telah membuat dunia terpukau, malahan di dalamnya ada cerita sejarah serta tujuan dari pemakaiannya. Berikut beberapa motif yang dinilai unik dan memukau dunia.

Motif Batik Solo Terunik Secara Keseluruhan

Ada beberapa motif batik Solo yang memukau dan unik. Memukau dalam artian ini tak hanya dinilai oleh warga lokal sekitar Solo atau warga Indonesia saja, melainkan hingga skala internasional.

  • Motif Parang

Motif parang ini merupakan motif batik Solo yang seperti urutan huruf S saling menjalin tidak putus. Susunan huruf S ini juga membentuk garis yang tertata dari bawah ke atas secara miring. Terjalinnya huruf S ini mengartikan sebuah ombak yang tidak akan pernah padam.

Motif batik yang namanya berasal dari kata pereng ini merupakan motif batik asli Solo tepatnya dari zaman Keraton Mataram Kartasura atau Solo. Batik ini digunakan supaya orang yang memakainya tidak memiliki sifat mudah menyerah.

  • Motif Sawat

Motif batik Solo yang satu ini memiliki dua arti yang tersebar di masyarakat. Ada yang mengatakan nama batik ini berasal dari kata syahwat ada juga yang mengatakan dari kata sayap.

Terlepas dari itu batik yang sakral. Dulunya batik ini hanya dipakai oleh keluarga keraton. Yang mana saat ini batik ini biasa digunakan untuk pengantin yang sedang menggelarkan acara pernikahan, sebab dipercaya batik ini bisa melindungi pemakainya.

  • Motif Kawung

Batik kawung tentu tak ketinggalan dari daftar motif batik terunik san memukau dunia kali ini. Alasan mengapa batik ini diberi nama sedemikian adalah karena motifnya berbentuk seperti buah kawung. Buah yang sejenis dengan kolang-kaling.

Meski demikian motif dari batik Kawung ini memiliki makna sebuah bunga teratai yang dianggap sebagai lambang kesucian dan usia yang panjang. Zaman dahulu batik inj hanya digunakan oleh keluarga kerajaan, sebab motif batik Kawung menandakan sebuah kepribadian pemimpin yang mana bisa menjaga hawa nafsu dan hati nurani.

  • Motif Truntum

Batik motif Truntum biasa digunakan untuk orang tua pengantin. Sebab arti dari motif batik ini adalah menuntun atau sebagai penuntun. Yaitu untuk menuntun anaknya supaya bisa menjalani hidup yang baru. Diketahui pencipta batik ini adalah permaisuri dari Sunan Pakubuwana III.

  • Motif Sidomukti

Nama Sidomukti merupakan campuran dari dua kata yang mana masing-masing memiliki arti sendiri. Kata sido diartikan terus-menerus atau berkesinambungan dan kata mukti berarti sejahtera dan selalu berkecukupan. Mempelai pengantin juga biasa dipakaikan batik ini, dengan harapan supaya mereka dan keluarga yang mereka bangun nanti bisa sejahtera, terus berkesinambungan, dan selalu berkecukupan.

  • Motif Semen Rante

Berbeda dengan batik-batik sebelumnya yang banyak dipakai saat acara pernikahan. Batik motif Semen Rante adalah batik yang dipakai calon mempelai perempuan saat dipinang laki-lakinya. Sedangkan untuk maknanya sendiri, motif ini memiliki makna sebuah ikatan yang kokoh.

  • Motif Satrio Manah

Motif Semen Rante memang dipakai calon mempelai perempuan, sedangkan untuk mempelai laki-lakinya menggunakan motif batik Satrio Manah. Ya, sebuah motif batik yang digunakan untuk meminang atau melamar.

Gambar Batik Solo Umumnya

Secara lebih umumnya, ada beberapa gambar batik Solo yang juga harus Anda ketahui. Berikut masing-masing diantaranya.

  • Motif Sido Luhur

Kakek dari Panembahan Senopati, Ki Ageng Henis adalah orang yang diketahui menciptakan batik motif ini. Awal mulanya batik ini ada untuk semua keturunan pembuatnya, yaitu dengan tujuan supaya mereka semua memiliki cara berpikir dan hati yang luhur.

  • Motif Sido Asih

Dikembangkan setelah masa pemerintahan Paku Buwono IV, batik dengan pola geometris ini menggambarkan keluhuran.

  • Motif Parang Kusumo

Batik dengan motif Parang Kusumo biasa dipakai oleh calon mempelai wanita pada saat ia dipinang atau tukar cincin. Batik ini memiliki motif berupa garis berlekuk ke bawah dan ke atas, supaya menyiratkan sebuah bunga yang sedang mekar.

  • Motif Ratu Ratih

Menggambarkan kemuliaan, batik ini sudah ada sejak abad ke 18 yang mana sikembangkan oleh pemerintaha Paku Buwono IV.

  • Motif Sekar Jagad

“Keindahan dalam keluhuran” itulah makna tersirat dari motif Sekar Jagad. Motif ini juga sering disebut sebagai motif dengan arti bunga dunia. Pola dari batik ini adalah pola geometris.

  • Motif Bokor Kencana

Batik Solo motif Bokor Kencana juga memiliki makna, sama seperti batik pada umumnya. Makna yang tersirat adalah sebuah keagungan dan kewibawaan.

Motif Soblog

Gambar batik Soblog ini biasa digunakan untuk melayat atau mengunjungi keluarga yang sedang berdua.

Motif Terunik Untuk Grosir Batik Solo

Tidak menutup kemungkinan kedepannya Anda akan membutuhkan pembelian batik secara grosir. Bisa saja karena untuk seragam bersama tetangga, seragam bersama teman-teman sekomunitas, atau seragam bersama teman kelas. Berikut ini adalah beberapa motif batik terunik untuk dijadikan batik seragam.

  • Motif Tumbuhan

Motif pertama yang bisa dipilih untuk batik seragam atau dibeli secara grosir adalah batik dengan motif tumbuhan. Batik motif ini baik jika dipakai laki-laki maupun perempuan. Sehingga akan cocok untuk mereka yang di dalam komunitasnya ada perempuan juga ada laki-laki.

  • Motif Kupu-Kupu

Motif kupu-kupu ini sangat beragam di pasaran. Ada yang sangat terlihat seperti kupu-kupu, namun ada juga yang perlu dilihat dengan seksama dulu baru terlihat kalau motifnya kupu-kupu.

Terlepas dari itu jika untuk seragam maka bisa dipilih yang tidak terlalu seperti kupu-kupu yang mana terlihat elegan, bisa juga yang sangat terlihat kupu-kupu dan cocok untuk keseharian.

  • Motif Gajah

Ada juga batik motif gajah yang bisa dibeli secara grosir untuk seragam. Batik seragam ini bisa untuk banyak hal, bisa untuk seragam pegawai namu  juga cocok untuk seragam komunitas.

  • Motif Merak

Motif merak memberikan kesan yang anggun dan mewah, Anda bisa memilih motif batik seragam yang sering digunakan untuk acara-acara perayaan.

  • Motif Bunga-Bunga

Selanjutnya ada motif bunga-bunga yang klasik, motif batik ini justru unik dan memukau.

  • Motif Naga di Mega Mendung

Jika Anda dan teman-teman Anda menginginkan seragam batik dengan unsur motif mega mendung, maka supaya lebih kreatif dan belum dimiliki oleh komunitasnya bisa dipilih motif naga.

Ada batik motif mega mendung yang diberi naga di dalamnya yang telah terjual banyak di pasaran.

  • Motif Fauna

Jika sebelumnya Anda telah mengerti batik motif gajah, merak, burung, juga naga, maka ada pula batik motif fauna. Maksudnya adalah dalam satu kain atau satu pakaian, batik ini memiliki gambar beberapa binatang sekaligus.

Yang biasa ditemui adalah batik fauna dengan gambar kerbau, burung, jerapah, dan kancil sekaligus.

Tak perlu khawatir akan bagus tidaknya motif ini, sebab pengrajin batik sudah pasti bagaimana mewujudkan batik yang sebaik mungkin. Biasanya batik dengan motif ini diwujudkan dengan siluet hitam putih atau warna lain.

Namun tak menutup kemungkinan ada yang digambarkan secara terang-terangan.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *