batik modern

#7 Tips Memilih Model Baju (Batik Modern)

Posted on

Batik adalah salah satu pakaian yang cukup conditional dan memiliki nuansa serta unsur budaya. Anda bisa mengandalkan pakaian batik untuk berbagai acara, mulai dari acara formal sampai acara non formal. Akan disuguhkan beberapa tips untuk memilih batik dari masing-masing segi. Berikut satu per satunya.

Tips Memilih Berdasarkan Motif Batik Modern

Memang benar ada banyak sekali jenis batik, baik itu batik cap maupun batik tulis. Supaya Anda lebih mudah memilih motifnya, berikut ini adalah tips yang berdasarkan dengan fungsi motif batik itu sendiri untuk dipilih.

  • Tips Memilih Motif Sekar Jagat

Gunakan batik tulis dengan motif ini untuk acara pesta pernikahan, sebab memang disitulah fungsi dari motif batik ini.

  • Tips Memilih Motif Truntum

Motif batik Solo ini juga biasa digunakan untuk acara pernikahan.

  • Tips Memilih Motif Mega Mendung

Motif batik Solo ini sifatnya bisa formal bisa juga non formal, Anda bisa bebas menggunakan batik ini baik untuk keseharian, bekerja, atau lainnya.

  • Tips Memilih Motif Kawung

Batik Solo motif Kawung mungkin yang Anda cari-cari selama ini, sebab bisa digunakan untuk acara pesta maupun acara formal. 

  • Tips Memilih Motif Cemukiran

Hadir dengan model yang beragam, Anda bisa memilih motif ini untuk acara pesta maupun acara formal. Pastikan modelnya sesuai dengan aktivitas yang akan Anda lakukan.

  • Tips Memilih Motif Semen

Cocok untuk penggunaan formal, seperti untuk bekerja.

  • Tips Memilih Motif Binatang dan Tumbuhan

Lebih baik untuk seragam yang digunakan bersama-sama. Batik tulis ini bisa untuk seragam komunitas atau organisasi. 

Cara Pilih Batik Berdasarkan Modelnya

Model pakaian adalah salah satu unsur yang sangat diperhatikan oleh pemakainya, apalahi jika yang memakai adalah fashionaista atau penggemar busana. Jika Anda mengedepankan model ketika memilih baju batik, maka tips-tips berikut layak Anda ikuti.

  • Menyesuaikan Dengan Kebutuhan

Menyesuaikan model batik dengan kebutuhan adalah tips pertama yang wajib Anda ketahui sebelum lanjut ke tips selanjutnya. Jangan sampai batik Solo yang Anda gunakan nanti terkesan salah kostum.

Untuk pemakaian acara pesta seperti pernikahan Anda bisa memilih yang memang terkesan mewah. Sedangkan jika untuk bekerja, sekolah, atau kuliah Anda bisa pilih yang lebih formal modelnya dan tak terlalu menarik perhatian.

  • Memilih Ukuran yang Pas

Kunci mendapatkan model terbaik untuk pakaian batik Solo adalah memilih yang ukurannya pas. Sebab, percuma saja jika Anda mendapatkan model batik sebagus apapun jika ukurannya tidak pas.

  • Memperhatikan Lengan

Perhatikan lengan batik Solo yang akan Anda beli, apapun modelnya pastikan lengannya cukup di lengan Anda. Tidak lebih panjang namun juga tidak lebih pendek. Kalaupun itu lengan pendek atau lengan ¾ maka pastikan juga sesuai dengan lengan Anda.

  • Mengenali Kelebihan dan Kekurangan Bentuk Fisik Anda

Anda harus paham dulu kelebihan dan kekurangan fisik Anda. Apakah itu tentang pinggul yang terlalu besar atau mungkin bahu yang cantik. Jika sudah maka ikuti tips selanjutnya.

  • Model Untuk Tubuh Gemuk

Jika Anda memiliki bentuk tubuh gemuk maka Anda harus lebih teliti ketika memilih model baju, terutama batik Solo. Pilihlah batik dengan kerah v yang menonjol, motif yang vertikal, pas namun longgar, dan lurus potongannya.

  • Model Untuk Pinggang Lebar

Pinggang lebar bukan jadi penghambat tampil cantik dengan batik. Jika pinggang Anda lebar maka pilih model yang potongan yang longgar di bagian pinggangnya. Jika Anda memilih batik Solo untuk keadaan fisik Anda yang sekian maka akan terlihat sangat pas.

  • Model Untuk Bahu Lebar

Sedangkan untuk Anda yang berbahu lebar maka model terbaik adalah batik dengan lengan panjang dan ketat. Selain itu, warnanya juga akan lebih baik jika yang terang-terang saja. 

Cara Pilih Batik Secara Umum

Anda mungkin sedaang tergesa-gesa atau mencari batik yang bisa digunakan berbagai acara. Jika demikian maka ada tips yang bisa Anda simak. Secara keseluruhan ada beberapa tips yang bisa Anda ikuti untuk menemukan batik Solo terbaik Anda. 

  • Mengecek Kualitas Batik

Kualitas batik Solo yang akan Anda miliki haruslah kualitas terbaik menurut Anda. Pastikan hal ini pertama-tama sebelum beranjak ke tips selanjutnya.

  • Memilih Motif Batik

Bagaimana cara memilih motif batik Solo yang baik dan benar telah disebutkan di atas. Oleh karena itu Anda bisa mengikutinya.

  • Mengecek Kelunturan

Cek kelunturannya, ini akan penting jika Anda akan menjadikan batik Solo tersebut untuk penggunaan lama.

  • Mengecek Harga

Cek harga dan pastikan harganya sesuai dengan budget Anda. Hal ini penting, namun sering terlupa.

  • Mengecek Ukuran

Cek ukurannya apakah sudah sesuai atau belum dengan tubuh Anda. Untuk memastikannya Anda bisa mencobanya di ruang ganti jika tersedia.

  • Memastikan Model Sesuai

Model yang dipilih juga harus diperhatikan, apalagi jika Anda memiliki kelebihan dan kekurangan pada fisik Anda.

  • Memastikan Kenyamanan

Dari keseluruhan tips memilih batik Solo yang terakhir namun juga penting adalah memastikan yang Anda pilih sudah nyaman.

Tips Pilih Batik Berdasarkan Kainnya

Untuk bisa menggunakan pakain batik dengan nyaman, tentu Anda harus memperhatikan kainnya. Berikut ini ada beberapa tips memilih pakaian batik jika dilihat dari kainnya. 

  • Memastikan Panas Atau Dinginnya

Karena Anda tinggal di wilayah tropis dengan salah satu musimnya adalah musim kemarau, pasti Anda akan membutuhkan pakaian yang tidak panas. Tidak semua pakaian batik Solo dibuat dari kain yang bisa menyerap panas, baik panas temperatur ruang maupun panas karena suhu tubuh. 

Pastikan batik Solo yang Anda pilih kali ini tidak panas. Caranya adalah dengan merabanya atau menempelkannya ke tangan. 

  • Memastikan Warna Tidak Menempel Ke Kulit

Supaya Anda tidak kecolongan batik yang zat warnanya buruk, Anda bisa memastikan hal ini saat membelinya. Cara yang harus dilakukan pun sangat sederhana, Anda hanya perlu menggesekkan kain batik tersebut ke tangan Anda. Kemudian perhatikan tangan Anda, apakah ada zat warna atau warna-warna yang menempel di sana.

Perhatikan juga permukaan batik yang tadi Anda gesekkan, apakah warnanya luntur atau tidak.

  •  Memilih Kain Sesuai Aktivitas

Tak semua orang memakai pakain batik tulis untuk acara-acara tertentu saja, ada juga yang memakai batik untuk keseharian. Karena perbedaan ini, pastikan batik yang Anda beli kainnya mendukung aktivitas Anda. Misalnya saja untuk keseharian, maka pilihlah batik dengan kain katun. Sebab, kain ini dinilai sebagai kain yang bisa menyerap keringat dan tidak akan membuat panas.

  • Memastikan Warna Menempel Dengan Baik Di Kain

Anda juga harus memastikan apakah pewarna yang ada di kain batik yang akan Anda beli bagus atau tidak. Caranya hampir mirip dengan cara sebelumnya. Hanya saja kali ini gunakan telapak tangan Anda.

Taruh telapak tangan Anda dengan posisi membuka ke kain batik bagian atas. Kemudian lihat telapak tangan Anda apakah ada warna yang menempel. 

  • Memilih Berdasarkan Selera

Anda harus memiliki pakaian batik yang sesuai dengan selera Anda. Percuma saja jika Anda menuruti beberapa tips ini namun Anda tidak mengikuti keinginan Anda. Anda bisa memilih batik tulis juga bisa memilih batik cap.

Baik kain batik tulis maupun batik cap semuanya sama-sama agak kaku, hal ini wajar. Setelah dipakai atau dicuci nanti tidak akan kaku lagi.

  • Memastikan Tidak Luntur Warnanya

Mungkin saja saat Anda memilih batik tak sengaja ada setetes dua tetes air yang tumpah ke permukaan kain. Jika demikian maka itulah kesempatan Anda mencari tahu apakah batik tersebut warnanya luntur atau tidak.

Memastikan luntur tidaknya juga bisa dengan membalikkan permukaan kain. Kain batik tulis yang baik maka warnanya akan ada di permukaan dalam maupun permukaan luarnya, tak hanya permukaan luar saja.

  • Memperhatikan Tekstur Kain Batik

Terakhir adalah dengan memperhatikan teksturnya. Pastikan batik tulis yang Anda pilih teksturnya lembut dan tidak kasar yang membuat gatal kulit.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *