batik jogja

Tips Cara Membedakan Batik Jogja dan Batik Solo

Posted on

Batik Jogja VS Batik Solo,Keragaman budaya di Indonesia patut diacungi jempol. Hampir semua daerah memiliki kain khas yang masih bisa dijumpai sampai sekarang. Salah satunya adalah kain batik yang cukup terkenal di beberapa daerah. 

Menariknya, batik ini memiliki ciri khasnya masing-masing, seperti batik Papua, Jogja, dan Solo. Semua jenis batik tersebut ternyata punya perbedaan yang cukup mencolok saat diperhatikan.

Motif Batik 

Secara geografis, jarak antara Jogja dan Solo tak terlalu jauh. Kedua kota ini memiliki budaya dan adat yang hampir serupa. Hal tersebut tak terlepas dari latar sejarah kedua daerah yang memang saling berkaitan. Untuk batik sendiri, keduanya punya ciri khas dan perbedaan masing-masing, seperti:

● Perhatikan Warna Latar Kain

Batik Jogja dan Solo punya ‘rasa berbeda dalam pemilihan warna. Bila batik Jogjakarta terkesan lebih terang dan cemerlang, maka batik Solo tak demikian. Warna latar pada kedua batik bisa dibilang bertolak belakang. 

Batik yogyakarta cenderung memilih warna terang, seperti putih atau hitam kebiru-biruan. Sementara batik Solo tetap bertahan dengan warna gelap, yakni coklat. Warna coklat sendiri melambangkan keanggunan dari masyarakat Jawa.

● Lihat Arah Motif

Pakem batik tulis kedua kota masih dipengaruhi oleh kebudayaan keraton. Seperti yang kita tahu, Jogja dan Solo merupakan pecahan dari Kerajaan Mataram. Sangat masuk akal, jika keduanya masih menganut kebudayaan dan adat-istiadat yang serupa. 

Begitu pula dengan motif batik yang mendominasi pasaran saat ini. Kita bisa menemukan motif parang maupun kawung pada dua jenis batik tersebut. Hanya saja tetap ada perbedaan pada kedua motif tersebut, yakni arah motif.

Pada batik Solo, arah motif parang ditandai dari kiri atas ke kanan bawah. Sementara itu, pada batik Jogjakarta dimulai dari kanan atas ke kiri bawah. Perbedaan ini tak terlepas dari pakem keraton yang masih mengakar kuat dalam kehidupan masyarakat kedua daerah tersebut.

● Citra yang Dihasilkan dari Motif

Mengingat motif yang dibuat berbeda arah dan warna latar, tentu ada perbedaan pula pada kesan atau citra batik. Walaupun keduanya cocok digunakan untuk menghadiri acara-acara khusus, bukan berarti Anda bisa melepaskan citra yang telah melekat kuat. 

Motif batik yogja lebih mengedepankan citra maskulin, gagah, dan tegas dalam satu waktu. Pada batik Solo, kesan yang bisa langsung Anda tangkap adalah luwes dan anggun pada waktu bersamaan. Nah, Anda tinggal menyesuaikan ingin mengedepankan citra yang mana saat menggunakan batik.

● Penempatan dan Pilihan Motif Pendamping

Isen-isen atau motif pendamping menjadi ciri khas tersendiri pada batik Solo. Pilihan isen-isen pada batik Solo tentunya sangat beragam daripada batik Jogjakarta. Penempatannya pun tak terbatas pada batik parang atau kawung saja, tetapi pada corak batik lainnya. Penggunaan isen-isen ini pun masih bisa Anda jumpai sampai sekarang.

● Cara Penarikan Garis pada Kain

Tarikan garis motif pada kedua jenis batik ternyata berbeda. Bila diperhatikan secara seksama, batik Jogjakarta didominasi oleh garis tebal, tegak, dan besar. Berbeda dengan batik Jogjakarta, batik Solo justru mengambil tarikan garis yang lebih tipis dan kecil. Hal tersebut ternyata mempengaruhi kesan yang dicitrakan oleh masing-masing batik.

Rumah Batik Jogja

Setelah Anda tahu perbedaan motif batik Jogjakarta dan Solo, kini saatnya mengenalnya lebih jauh. Pada pembahasan kali ini, kita akan mengupas batik Jogjakarta yang mudah ditemukan di rumah batik, yakni:

● Memperhatikan Koleksi Motif Batik yogja

Jogja mempunyai beragam motif batik yang bisa disesuaikan dengan kebutuhan. Bahkan penggunaannya pun berdasarkan pada status atau posisi si pemakai. Ada jenis motif yang bisa Anda gunakan untuk acara pernikahan, mitoni atau tujuh bulanan, maupun tukar cincin. Di rumah batik, Anda bisa menemukan semua motif tersebut.

● Melihat Warna Batik yogja yang Lebih Cerah

Seperti yang sudah dijelaskan di atas, batik yogyakarta cenderung lebih terang daripada batik Solo. Wajar saja kalau Anda akan menemukan batik yang didominasi oleh warna latar terang, seperti putih. 

Ini akan membuat Anda betah berlama-lama menjelajahi setiap sudut rumah batik. Tak cuma itu, Anda pun bisa berbelanja oleh-oleh kain batik disini.

● Menemukan Jenis Batik yogjakarta

Bermain ke rumah batik, Anda akan disajikan jenis batik yang sangat bervariasi. Batik-batik tersebut diproduksi dengan cara yang berbeda-beda, mulai dari batik tulis sampai batik cap. Anda bisa menemukan semuanya disini dengan berbagai motif yang ada. Jika tertarik memiliki satu diantaranya, Anda bisa membelinya langsung.

● Melihat Proses Pembuatan Batik yogjakarta

Hampir seluruh rumah batik menawarkan fasilitas satu ini. Para pengunjung diberi keleluasaan untuk mempelajari jenis dan motif batik asli Jogja. Di samping itu, mereka bisa mencoba membuat sendiri batik yang diinginkan. Tentunya ada pula pemilik atau karyawan yang bersedia menemani Anda.

● Memperhatikan Pakem Penggunaan Batik yogjakarta

Setiap batik punya fungsi dan pakem penggunaannya masing-masing. Tak semua jenis batik cocok digunakan untuk acara pernikahan. Ini harus Anda pahami secara jelas, sebab batik yogja menjunjung tinggi pakem tersebut.

Museum Batik yogja

Jangan Cuma belanja kain batik saja, Anda pun perlu belajar sejarah batik. Jogja sendiri punya beberapa destinasi museum batik yang bisa dikunjungi secara gratis. Anda bakal mendapatkan beberapa pengetahuan baru saat bermain disini, seperti berikut.

● Belajar Latar Belakang Batik yogja

Sejarah panjang batik yogja sangat menarik untuk diikuti. Anda akan mendapat pengetahuan baru seputar batik. Di museum, Anda akan menemukan beragam koleksi batik dari seluruh tanah air, termasuk batik Papua.

● Menemukan Peralatan Membatik dari Waktu ke Waktu

Siapa bilang proses pembuatan batik tak mengalami perubahan? Sejak beberapa dekade lalu, proses produksi batik sudah jauh berubah. Ada pembaharuan yang dilakukan untuk memenuhi kebutuhan pasar. Semua alat produksi tersebut bisa Anda lihat dan temukan di museum batik yogja.

● Membedakan Batik yogja dan Solo dari Koleksi Masa Lalu

Banyak hal menarik yang bisa Anda pelajari saat bertandang ke museum batik. Satu diantaranya koleksi masa lalu yang bisa Anda jadikan pengetahuan baru. Dari koleksi-koleksi tersebut, Anda bisa membedakan motif batik dari setiap daerah, terutama Jogja dan Solo. 

Apa saja yang berubah dan diperbaharui untuk memenuhi kebutuhan zaman? Atau apa saja yang masih dipertahankan sampai sekarang?

● Menghabiskan Waktu untuk Wisata Edukasi

Museum batik menjadi tempat yang cocok untuk Anda melakukan wisata edukasi. Pasalnya, ada banyak hal yang bisa didapatkan disini. Anda tak hanya belajar perihal batik semata, tetapi juga sejarah keraton Jogja dan Solo. Kebudayaan kedua daerah ini tercermin langsung melalui motif batiknya.

● Mengenali Batik yogja yang Khas dari Daerah Lainnya

Koleksi batik yang dipamerkan di museum batik tak terbatas pada batik yogja semata. Anda bisa menemukan beragam batik dari daerah lainnya. Hal ini tentu membantu Anda mengenali ciri khas batik Jogja dalam waktu bersamaan. Anda tak akan kebingungan memilih batik yogja saat bertandang ke rumah batik atau pasar.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *